• SMP NEGERI 13 KENDARI
  • HIJAU BERKARAKTER

Profil SMP Negeri 13 Kendari

SMP Negeri 13 Kendari terletak di Jalan Dr. Soetomo, Kelurahan Lalodati, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari, ±3 km dari pusat kota. Sekolah ini terbilang terletak di jantung Kota Kendari akan tetapi dikarenakan oleh tingkat populasi penduduk yang sangat kecil serta letak sekolah yang tidak berada di jalan utama (poros) kota, maka SMP Negeri 13 Kendari terkesan berada di pinggiran kota. Berdasarkan master plan kota Kendari wilayah Kelurahan Lalodati merupakan kawasan pengembangan pemukiman masyarakat pada tahun-tahun mendatang. Disamping itu luas areal pemukiman yang masih sepi serta  lahan perkebunan masyarakat yang cukup luas memungkinkan masuknya developer-developer besar untuk membangun perumahan penduduk dengan kapasitas perumahan cukup besar. Dengan demikian SMP Negeri 13 Kendari pada masa yang akan datang memiliki potensi menyerap peserta didik yang tinggi. Oleh karena itu, kegiatan pembentukan budi pekerti dan melestarikan seni budaya tradisional sangat dioptimalkan melalui kegiatan pengembangan diri. Keberadaan lembaga sekolah negeri dan lembaga swasta merupakan pesaing besar terhadap keberadaan SMP Negeri 13 Kendari. Menyikapi kondisi ini, SMP Negeri 13 Kendari melakukan upaya nyata untuk meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, melengkapi sarana dan prasarana, menjalin kerja sama yang harmonis dengan orang tua peserta didik/wali dan mengadakan kegiatan pengembangan diri dengan mempertimbangkan potensi serta kebutuhan peserta didik dan masyarakat.

Sebagai salah satu sekolah yang berada di ring luar kota Kendari, SMP Negeri 13 Kendari memiliki cita-cita untuk tampil sejajar dan setara dengan lembaga pendidikan lainnya, ujung tombak dibarisan terdepan dalam misinya berusaha semaksimal mungkin melaksanakan tugas yang diembannya yaitu mencerdaskan generasi penerus bangsa. SMP Negeri 13 Kendari banyak memiliki potensi yang belum dimiliki oleh sekolah-sekolah lain pada umumnya, seperti lingkungan yang masih alami asri yang dapat ditata dengan baik yang tentunya akan memberikan kondisi yang nyaman bagi pembentukan watak dan mentalitas sekaligus mengukir prestasi bagi peserta didik. Dengan adanya potensi yang dimilikinya maka kedepan sekolah ini diharapkan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang sudah dikenal oleh masyarakat. 

Selain itu mengingat Kota Kendari memiliki Motto “BERTAKWA” (Bersih, Elok atau Indah, Rindang atau Teduh, Tertib, Akhlak yang Baik, Kerjasama, Wawasan Nusantara dan Aman) dan Slogan menjadikan Kota dalam Taman, hal ini selaras dengan branding SMP Negeri 13 Kendari “Hijau Berkarakter” dan Visi yang ada di SMP Negeri 13 Kendari “Terwujudnya Peserta Didik Yang Beriman, Unggul dalam IPTEKS, dan Berwawasan Lingkungan” maka untuk dapat mewujudkan hal tersebut  sekolah berupaya untuk melestarikan lingkungan, pencegahan pencemaran dan kerusakan lingkungan  maka ditetapkan mata pelajaran Pilihan yang terintegrasi pada Lingkungan Hidup di SMP Negeri 13 Kendari diajarkan baik secara monolitik maupun secara integratif  ke semua mata pelajaran dan pengembangan diri, yang meliputi berbagai masalah kehidupan, diantaranya tentang sampah, energi, keanekaragaman hayati, air dan makanan serta kantin sekolah. Dengan proses pembelajaran yang terintegrasi tersebut diharapkan akan terbentuk karakter warga sekolah yang peduli terhadap kelestarian fungsi lingkungan. Hal ini sesuai dengan SMP Negeri 13 Kendari sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Visi dan Misi

VISI: TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG BERIMAN, UNGGUL DALAM IPTEKS, DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN   MISI: Menanamkan keimanan dan ketakwaan melalui pengamalan ajaran agama Mengoptimalk

07/05/2020 05:09 - Oleh Hj. Ummi Salmah, S.Pd., M.M. - Dilihat 48 kali